Sabtu, 05 Januari 2013

Mengganti Desktop Background Windows 7 Dengan Program VB

Mau Pintar - Kali ini saya akan bagikan program visual basic yang telah saya buat, program ini berguna untuk mengganti background di windows 7, dan untuk windows xp saya rasa juga bisa. Tetapi saya baru mencoba program ini di Windows 7. Memang untuk mengganti background di Windows sangatlah mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan seperti yang saya buat ini. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara melakukan itu. Prinsip kerja dari program ini adalah menulis registry lalu mengupdate System Informasi Windows. Hal pertama yang dilakukan adalah menulis ulang registry "HKEY_CURRENT_USER\control panel\desktop
\wallpaper\" dengan alamat file gambar contohnya "C:\program files\imz.jgp". Lalu, mengupdate System Informasi Windows supaya gambar wallpaper di refresh. Di program ini anda juga bisa mengatur jenis tampilan background diantaranya :

  1. FILL
  2. STRETCH
  3. FIT
  4. TILE
  5. CENTER

Jika anda ingin Source Code nya Copy dibawah ini :

Code ini dimasukkan di form

Code ini dibuat dalam modul1.bas
 

Code ini dibuat dalam modul2.bas
 

Ok itu adalah codenya dan untuk komponennya ada komponen tambahan yaitu Dialog Control, Imagecombo dan Imagelist. Komponen  bisa anda tambahkan dengan cara:
  1.  CTRL+T
  2. Centang Microsoft Common Dialog Control 6.0 dan Microsoft Windows Common Control 6.0
  3. Klik OK
 Gambar design formnya dapat anda lihat berikut ini :

Perlu anda ketahui bahwa jika anda ingin mengcopy paste source code diatas kedalam project anda maka harus ada komponen button vista pada vb anda jika tidak lihat cara menambah button vista di vb 6.0 .

Berhubung saya baik hati bagi anda yang malas mengetik atau mendesain saya kasih project lengkap sama File EXE nya. Tapi saat ingin menggunakan projectnya diwajibkan komponen button vista terinstal.

Sekian Postingan Kali Ini.

Download
password : gunn-nababan.blogspot.com

Semoga Bermanfaat!!

Comments
1 Comments